• Jangan Dilewatkan

  • Arsip

RESEP DARI IBU EVI SANG JURAGAN GULA AREN

Setiap tahunnya Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG) selalu memprediksi bahwa hujan akan menguyur sebagian besar daerah di tanah air pada bulan Oktober hingga Desember. Bulan Desember merupakan giliran paling meriah untuk sebagian Pulau Jawa seperti DKI Jakarta, Pantura, Timur Bali, sebagian daerah Sulawesi Barat dan sebagian Nusa Tenggara. Di Serpong sendiri cuaca tidak menentu. Kadang panas menyengat, lalu redup, kadang gerimis lalu hujan lebat.Begitu saja kondisnya dari ke hari.

Ketidak menentuan musim ini menggangu keseimbangan tubuh dengan datangnya aneka penyakit seperti flu, batuk, pilek , radang tenggorokan, dan influenza. Nah jika anda termasuk rajin mengkonsumsi herbal untuk gejala masuk angin yang ditandai hidung tersumbat dan sakit tenggorokan, menggunakan kopi, beberapa jenis herbal dan palm sugar (gula semut aren)akan ikut membantu meringankan gejala tersebut.

Aku mulai dari Jahe. Dunia sudah lama menggunakan akar rimpang ini untuk perawatan asma, bronkhitis dan masalah pernapasan lainnya. Zat yang terkandung di dalamnya membantu melalui cara melonggarkan dan mengeluarkan lendir dari paru-paru. Pengkombinasian jahe dan lada hitam akan memecah demem dengan membuat tubuh menjadi lebih hangat dan meningkatkan pengeluaran keringat. Sementara itu dalam Ayurveda yang dianggap sebagai sistem medis tertua dan sudah dikembangkan di India lebih dari 5.000 tahun yang lalu, Cengkeh dipakai untuk mengobati penyakit pernapasan dan pencernaan sementara Sementara daun kemangi digunakan untuk mengobati batuk.

Jadi apa yang dibutuhkan? Ini daftar bahan dan cara membuatnya:

– Gula semut aren (Palm sugar) : 3 sendok makan
– Lada hitam : 10 butir
– Cengkeh : 6 butir
– Kopi bubuk: 1 sendok teh
– Jahe segar : se ibu jari.
– Daun Kemangi: 10 lbr
– Air: 4 gelas

Cara aku membuatnya :

Gunakan blender, lumpang dengan alu atau cobek untuk menghancurkan lada hitam, cengkeh, jahe segar dan daun kemangi menjadi gilingan kasar .

Rebus air dalam panci, tambahkan lumatan lada, cengkeh, jahe segar, daun kemangi, gula semut aren (palm sugar) dan kopi. Setelah mendidih saring dengan saringan dan tuangkan ke dalam cangkir untuk disajikan.

Selamat mencoba.

Salam,
— Evi Indrawanto
DIVA’S Palm Sugar
Organic Sugar for All Purpose Sweeteners

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: